Fariasi Masakan Indonesia

Di Indonesia banyak suku bangsa yang tentunya berbeda beda selera satu sama yang lain. Begitu pula mengenai kuliner di Indonesia, banyak sekali aneka ragam kuliner di Indonesia. Di sini saya mencoba untuk mengenalkan ragam/macam kuliner Indonesia menurut daerah daerah yang ada di Indonesia.

Babi Panggang Kulit Kering

Rabu, 03 Maret 2010


Bahan :
½ kg babi samcan/australi yang muda dan kulitnya tipis

Perendam :
5 biji bawang merah diuleg halus + ½ sdm cuka + sedikit garam.

Bumbu-bumbu :
2 siung bawang putih di ulek, 1 sdt ngo yang, 1 sdt haisin saus air jeruk nipis dari ½ jeruk nipis, 1 sdm minyak wijen, 3 sdm kecap hitam, 1 sdm siauw hing ciu, 1/3 sdt mrica.

Cara membuat :
Daging samcan dicuci bersih lalu direndam dibahan perendam kira2 ± 2 jam sambil di balik-balik agar meresap, kemudian ditiriskan.
Panaskan panggangan dengan api atas saja. Panggang babinya dengan kulit diatas, yaitu kulitnya ditusuk dengan tusukan sate dari bambu agar bentuk waktu dipanggang tidak mengkerut. Bila kulit sudah coklat dan kering angkat tusukan bambu dan diangin-anginkan Lalu bakar kembali bagian sebaliknya gantian sisi kulit yang dibawah. Daging setiap kali sebelum dibakar digores-gores dan dioles bumbu2 tadi hingga bumbu habis, dan panggang ber kali-kali. Panggang lagi sisi kulit dibawah dengan api atas dan api bawah.

Ket :
Hati-hati sisi kulit jangan sampai terkena bumbu, bila terkena kulit tidak bisa kering/crispy
Dibutuhkan kesabaran dalam memanggang

0 komentar:

Posting Komentar